Cara Memasang Widget Chat Box Chatango di Blog Blogger




 Apa itu chatbox ? , chatbox yaitu tempat dimana admin dan semua pengunjung bisa salin berkomunikasi dalam waktu itu juga .

Pasti keren blog kalian bisa menggunakan fitur chat seperti facebook . Dimana admin blog bisa lebih dekat dengan pengunjungnya dengan interaksi yang lebih cepat dan mudah .

Banyak sekali cara yang bisa kita gunakan untuk membuat sebuah chatbox untuk blog kita , Tapi kali ini, kita menggunakan chatango saja.

Apa keunggulan chatango ?


1. Design yang bagus 

Design dari chatango sangat bagus sekali dan kita pun bisa mengubahnya tanpa perlu skill coding karena telah disediakan langsung oleh pihak chatango untuk pengeditan .

2. Anti-Spammer

Ini lah salah satu yang membuat para pemilik blog sangat tidak suka untuk memasang chatbox pada blog mereka , karena banyak sekali pengunjung yang tidak bertanggung jawab malah menebarkan link yang tidak ada manfaatnya . 

Pada chatango kita sebagai admin diberikan akses untuk moderation dan banned user , jadi kita bisa melakukan banned kepada pengunjung yang spamming agar mereka tidak bisa mengakses chatbox pada blog kita .


Cara memasang Chatango 

 1. Pertama sekali masuk ke halaman utama dari chatango , klik disini .  Setelah masuk daftarkan diri anda dulu dengan mengklik login.

log in Chatango

Setelah itu akan masuk kepada menu log in , klik sign up pada bagian sudut atas kanan dan daftarkan diri sahabat pada chatango .

2. Setelah terdaftar dan sign in , masuk ke dashboard dengan mengetikan alamat chatango.com .

3. Setelah masuk ke dashboard , chatgroup sahabat masih kosong , pilih menu "Make a new group" di bawah .

Make a new group
4. Tentunkan tampilan yang akan kamu gunakan untuk menampilkan chatbox pada blog sahabat . Ada 3 pilihan yang ditawarkan chatango . 


Model tampilan chatbox chatango


5. Pada halaman selanjutnya kita akan masuk ke pengaturan lebih detail pada chatango yang akan kita buat , setelah semuanya sudah diatur , kita bisa klik "Create new group" pada sudut kanan atas dan kita akan diberikan code yang bisa kita pasang untuk menampilkan chatango di blog kita .



Sebelum memasangnya pada HTML blogger sahabat  , hapus dahulu tulisan "async" pada kode yang diberikan oleh chatango . Setelah itu baru copykan ke HTML template sahabat , tepatnya di antara kode <body> dengan </body> .

Hasil akhirnya akan seperti ini :

kode chatango di template

Simpan untuk perubahan .

6.  Setelah disimpan coba lihat pada tampilan blog sahabat , pasti sudah muncul dan sudah bisa digunakan pengunjung .

Terima kasih kunjungannya :)

Kunjungi sumbernya:
http://www.kizeh.com/2015/08/cara-pasang-chat-box-chatango-di-blog-blogger.html


EmoticonEmoticon